Sunday, December 16, 2012

Dahsyatnya Sholat Dhuha

Masihkah ada diantara kita yang tidak tahu Sholat Dhuha itu??
Baiklah akan dijelaskan singkat dan lengkap.. Sholat dhuha ialah sholat sunat Mu'akad (Yang sering dikerjakan oleh Rasulullah SAW), waktu pengerjaannya saat matahari terbit hingga terasa panas sebelum shalat Dzuhur, tetapi yang lebih afdhal dikerjakan antara jam 08.00-09.00. Sebanyak-banyaknya 8 raka'at 4 kali salam, sekurang-kurangnya 2 raka'at 1 kali salam.
Kenapa Sholat Dhuha sangat utama?
Sholat dhuha mempunyai banyak sekali keutamaan dan manfa'at untuk kehidupan dunia dan akhirat kita, begitu juga dengan do'anya yang sangat dahsyat. Mari kita kupas bersama :
Keutamaan Sholat Dhuha
  1. Sholat Dhuha merupakan bukti cinta kita kepda Nabi Muhammad SAW, dengan melaksanakan Sholat Dhuha membuktikan bahwa kita cinta dengan Rasulullah SAW, karena kita mengikuti sunah beliau.  
  2. Sholat Dhuha sedekah bagi seluruh persendian tubuh manusia, karena dengan Sholat Dhuha kita sudah meolahragakan tubuh kita pada pagi hari.
  3. Sholat Dhuha memperlancar rezeki, silahkan baca arti Do'a Sholat Dhuha (ada dibawah). 
  4. Akan dibangunkan Allah sebuah rumah di surga. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW: “Barangsiapa yang shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (shahih al-jami`: 634)
  5. Sholat Dhuha akan mencukupi kebutuhan kita di sore hari. Dari abu darda’ ra, ia berkata bahwa rasulullah saw berkata: Allah ta`ala berkata: “wahai anak adam, shalatlah untuk-Ku empat rakaat dari awal hari, maka aku akan mencukupi kebutuhanmu (ganjaran) pada sore harinya”(shahih al-jami: 4339).
  6. Mengerjakan Sholat Dhuha sama dengan pahala umrah. Dijelaskan juga dari sebuah hadits, dari abu umamah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib, maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Dan barang siapa yang keluar untuk melaksanakan shalat dhuha, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan `umrah…” (shahih al-targhib: 673).
  7. Dosa akan diampuni dengan Sholat Dhuha. “Siapa pun yang melaksanakan Shalat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR Tirmidzi)
Kedahsyatan Do'a Sholat Dhuha
Berikut do'anya :
"Allahumma innad dhuhaa – a dhuha uka,wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaa-luka, wal quwwaata quwwatuka,  wal qudrota qudrotuka, wal ishmata ishmatuka. Allahumma inkaana rizqi fis-samaa-i fa-anzilhu, wainkaana fil-ardli fa akhrijhu, wainkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana ba’iidan faqorribhu, wainkaana harooman fathohhirhu, bichaqqi dhuhaaika, wabahaaika, wajaamalika, waquwwatika, waqudrotika, waishmatika.. Aatini maa’ataita ‘ibaadakash-sholihiin.."

Artinya :
Allahumma innad dhuhaa – a dhuha uka = Ya Allah sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, 
wal bahaa-a bahaa-uka = dan kebagusan adalah kebagusan-Mu, 
wal jamaala jamaa-luka = dan keindahan adalah keindahan-Mu,
wal quwwaata quwwatuka = dan kekuatan adalah kekuatan-Mu, 
wal qudrota qudrotuka = dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu,
wal ishmata ishmatuka = dan perlindungan adalah perlindungan-Mu.
Allahumma inkaana rizqi fis-samaa-i fa-anzilhu = Ya Allah apabila rizqiku berada dilangit maka mohon turunkanlah,
wainkaana fil-ardli fa akhrijhu = dan apabila di bumi mohon keluarkanlah,
wainkaana mu’siron fayassirhu = dan apabila sulit mudahkanlah,
wainkaana ba’iidan faqorribhu = dan apabila jauh dekatkanlah,
wainkaana harooman fathohhirhu = dan apabila haram sucikanlah,
{Subhanallah..luar biasa do'anya}
bichaqqi dhuhaaika = dengan haq dhuha-Mu, 
wabahaaika = dan kebagusan-Mu, 
wajaamalika = dan keindahan-Mu,
waquwwatika = dan kekuatan-Mu,
waqudrotika = dan kekuasaan-Mu,
waishmatika = dan perlindungan-Mu.
Aatini maa’ataita ‘ibaadakash-sholihiin = berikanlah kepadaku apa saja yang engkau berikan kepada hamba-hambamu yang sholeh)
Semoga dengan mengetahuai kedahsyatan Shalat Dhuha diatas, semoga kita akan semakin mencintai Rasulullah SAW dan selalu meninggalkan jejak yang Insya Allah di Ridhoi Allah SWT.. Amin..

By Jejak Sang Cucu.

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for reading! Sebagai pembaca yang baik berikanlah kritik,saran, dan komentar..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More