Thursday, December 13, 2012

Kenali potensi diri


Masih banyak orang yang masih belum menyadari potensi dirinya, sebenarnya potensi tersebut dapat membantu kita untuk menggapai apa yang kita cita-citakan, kita sebagai pemuda/pemudi penerus bangsa ini benar-benar harus sadar dengan potensi diri kita, karena negara ini kelak pasti akan membutuhkan kita semua. Berikut tips-tips Jejak Sang Cucu untuk menganali potensi diri kita :
Kenali diri sendiri
Ada beberapa cara untuk bisa mengenali diri sendiri diantaranya kita dapat membuat daftar pertanyaan, contohnya : apa yang membuat kamu bahagia; apa yang kamu inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan kamu; dan apa aja kelemahan kamu. Kemudian jawablah pertanyaan tersebut secara jujur dan objektif, kamu bisa meminta bantuan kepada keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan kamu.

Tentukan tujuan hidup
Menentukan tujuan hidup, baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang kamu miliki. Boleh juga menentukan tujuan hidup setinggi-tingginya asalkan dibarengi semangat ketekunan dan daya juang kamu untuk bisa mewujudkannya.



Kenali motivasi hidup 
Seorang manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kenali apa motivasi sebenarnya hidup kamu, apa yang bisa melecut semangat kamu untuk bisa menghasilkan karya terbaik dan sebagainya. Sehingga dengan begitu kamu akan punya kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri sendiri untuk menghasilkan yang terbaik, baik untuk kamu sendiri, keluarga, maupun lingkungan sekitar.

Jangan pernah berpikiran negatif
Buang jauh-jauh pikiran-pikiran negatif yang dapat menghambat langkah kamu dalam mencapai tujuan. Setiap kali kamu menghadapi hambatan atau kegagalan, cobalah untuk tidak menyalahkan orang lain maupun diri kamu sendiri. Lebih baik kamu mengevaluasi langkah kamu, mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Jadikan hambatan dan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju. Teruslah  melangkah..dan melangkah... setelah menemukan langkah yang pas.
Mulailah dari sekarang dan jangan ditunda-tunda lagi karena potensi adalah kekuatan kita untuk bisa menggapai sukses dimasa mendatang.

Semoga kita akan terus meninggalkan jejak yang baik buat orang lain...

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for reading! Sebagai pembaca yang baik berikanlah kritik,saran, dan komentar..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More