Wednesday, January 2, 2013

Jaringan yang terdapat pada Manusia

Kali ini Jejak Sang Cucu akan berbagi informasi tentang jaringan yang terdapat dalam tubuh manusia. Ada berbagai macam jaringan tubuh manusia, tetapi secara umum jaringan tubuh manusia yang dapat kita ketahui (tidak asing) ialah :
  1. Jaringan epitel     : jaringan penutup permukaan tubuh dan permukaan saluran dalam pencernaan
  2. Jaringan endotel :jaringan yang melapisi permukaan dalam pembuluh-pembuluh darah, pembuluh pembuluh getah bening dan rongga- rongga tubuh.
  3. Jaringan ikat      : jaringan yang tersifat karena terutama terdiri atas serabut-serabut dan berguna untuk menghubungkan jaringan-jaringan lain.
  4. Jaringan lemak  : merupakan jaringan penyambung dengan timbunan sel-sel lemak diantara anyaman serabut- serabut. 
  5. Jaringan tulang rawan : tersifat karena zat interselulernya banyak, tidak mengandung zat kapur, tetapi banyak zat perekat, maka mudah dibengkok-bengkokkan. 
  6. Jaringan tulang : terdiri atas sel-sel tulang yang berhubungan satu dengan yang lain dengan perantara tonjolan-tonjolan protoplasma; zat interselulernya mengandung garam-garam kapur, sehingga jaringan tulang keras. 
  7. Jaringan otot : Ada tiga macam jaringan otot, yakni: Jaringan otot polos, Jaringan otot lurik, dan Jaringan otot jantung.
  8. Jaringan saraf : merupakan kumpulan sel-sel saraf (neuron). Ada sel saraf yang ujungnya panjang (neurit) untuk membawa rangsangan dari badan sel ke tepi. Gabungan neurit disebut saraf. Saraf yang mengatar rangsangan dari pusat ke alat-alat disebut saraf penggerak (motorik). Sedangkan saraf yang berguna membawa rangsangan dari alat-alat ke pusat terkenal sebagai saraf perasa (sensorik)
Dan masih banyak lagi jaringan yang terdapat pada tubuh kita, semoga bisa bermanfaat. ^_^

1 komentar:

Terimakasih atas penjelasan tentang jaringannya.. sangat membantu..

Post a Comment

Thanks for reading! Sebagai pembaca yang baik berikanlah kritik,saran, dan komentar..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More