Thursday, January 31, 2013

Makan dan minum wajib menggunakan tangan kanan


Bismillah...

Insya Allah kali ini mencoba memberikan jejak informasi mengenai adab makan dan minum menggunakan tangan kanan, kenapa jadi kita sangat dianjurkan menggunakan tangan kanan?? Bahkan dari kecil kita sudah diajari makan dan minum menggunakan tangan kanan?? Mungkin pertanyaan itu muncul disebagian antara kita.

Sebenarnya makan dan minum menggunakan tangan kanan merupakan anjuran dari Rasulullah SAW, beliau lah yang mengajarkan itu semua kepada umatnya, mari kita cermati hadits berikut ini :

Umar ra, beliau berkata : Rasulullah SAW  bersabda : ''Apabila salah seorang diantara kalian makan, hendaknya dia makan dengan menggunakan tangan kanannya dan apabila minum hendaknya menggunakan tangan kanannya. Karena sebenarnya syaitan makan menggunakan tangan kirinya dan minum menggunakan tangan kirinya.'' (HR. Muslim, Ahmad, Tirmidzi, Abu Daud, Malik, dan Ad-Darimi)

Rasulullah SAW sudah mengajarkan kita adab yang baik, maka hendak lah kita mengikuti beliau sebagai bukti tanda cinta kita kepada baginda Rasulullah SAW dan tentu saja akan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT. Namun apabila memang terpaksa tidak bisa makan dan minum menggunakan tangan kanan, maka tidak apa-apa menggunakan tangan kiri karena Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Hendaklah kita mengejakan sesuatu yang baik dengan yang kanan terlebih dahulu, semoga artikel ini dapat bermanfa'at..

Wallahu'alam..

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for reading! Sebagai pembaca yang baik berikanlah kritik,saran, dan komentar..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More