Saturday, January 5, 2013

Makanan dan minuman penyehat mata


Sebagai seorang yang selalu berkutat dengan komputer tentunya kesehatan mata kita perlu diperhatikan. Kegitan di depan komputer terus-menurus tentu saja tidak baik, tetapi kalau memang ada tugas yang mendesak.. yah.. mau gimana lagi..

Tapi tenang kami akan membantu anda dengan kemampuan kami yaitu dengan memposting artikel berikut yang didapat dari berbagai macam sumber.

Untuk menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan cara memakan dan meminum makanan minuman yang dapat menyehatkan mata. Makanan dan minuan yang bernutrisi seperti, vitamin A, C dan E, betakarotein, dan antioksidan disebut sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko degenerasi makula karena faktor usia. Selain itu, kandungan omega-3 juga berperan penting untuk melindungi mata dari degenerasi retina dan mencegah mata kering.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lutein juga sangat baik bagi mata. Lutein sangat diperlukan retina sebagai filter terhadap sinar biru yang toksik terhadap makula retina mata. Selain itu ada baiknya anda juga banyak mengkonsumsi makanan bervitamin A dan beta karoten.

Untuk menghindari gangguan mata, kita bisa memulainya dari mengatur pilihan makanan dan minuman, berikut kami sajikan makanan dan minuman yang menyehatkan mata :
  1. Strawberry: Buah kecil ini terdapat Vitamin C salah satu nutrisi yang digunakan Age-Related Eye Disease Study, yang disponsori oleh Eye Institute, untuk memperkuat jaringan ikat dan memelihara kesehatan pembuluh darah pada mata.
  2. Wortel: Wortel mengandung beta karoten yang disebut karotenoid. Tubuh Anda mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang berperan penting dalam proses bioelektrik di mata. Selain itu, juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas. 
  3. Ubi Jalar: Ubi juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin A. 
  4. Salmon: Ini mengandung asam lemak omega-3, yang berhubungan dengan rendahnya risiko degenerasi makula karena usia. 
  5. Bayam: Bayam merupakan sumber makanan lain yang kaya vitamin C dan bera-karoten. Selain itu, bayam juga mengandung nutrisi yang baik untuk mata seperti lutein dan zeaxathin. Semua bahan-bahan ini sangat baik untuk kesehatan mata dan penglihatan. 
  6. Brokoli: Brokoli juga mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan penting untuk pengobatan katarak dan degenerasi makula. 
  7. Almond: Kacang yang satu ini mengandung vitamin E, yang bantu memperlambat perkembangan penyakit mata berkaitan dengan usia. Almond juga membantu mencegah katarak. 
  8. Yogurt: Makanan ini mengandung zinc, yang membantu tubuh menyerap zat antioksidan seperti vitamin A. 
  9. Telur kuning: Vitamin A yang dikandungnya membantu fungsi retina dengan baik dan lagi-lagi, mengurangi resiko degenerasi makula terkait usia dan katarak. 
  10. Bawang putih dan bawang bombay : Makanan yang biasa dijadikan bumbu dapur ini mengandung sulphur yang diperlukan untuk produksi glutation, antioksidan penting bagi lensa mata. 
  11. Raspberry, blueberry dan anggur: Kandungan vitamin C di dalamnya bantu mengurangi risiko pembentukan katarak.
  12. Pepaya : Buah pepaya banyak memiliki kandungan Vitamin A untuk kesehatan mata, Vitamin C yang cukup tinggi dan berguna mengurangi risiko katarak
Selain memakan makanan tersebut secara langsung, kita dapat mengolah makanan tersebut menjadi minuman jus yang tentunya tanpa mengurangi nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Semoga kita dapat menjaga mata kita dengan baik, dengan menjaga mata kita tentunya kita menjaga apa yang sudah Tuhan beri kepada kita. Semoga postingan ini bermanfaat buat kita yang semua..

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for reading! Sebagai pembaca yang baik berikanlah kritik,saran, dan komentar..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More